Kamis, 02 April 2015

Apa Digital Island?

Apa Digital Island itu?
Serangkaian riset dan pengembangan dalam menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pulau-pulau kecil. Digital Island ini merupakan salah satu tema riset prorgam Sustainable Island Development Initiatives (SIDI), www.sidi-its.info.

Mengapa Digital Island penting?
Pulau-pulau kecil menghadapi tantangan yang besar.Pengembangan sebuah pulau kecil mencakup semua elemen yang dihadapi oleh pulau-pulau besar, dimana pusat-pusat ekonomi berada.
1. Sebuah pulau kecil mempunyai penduduk sedikit, berkisar 200-4000 orang.
2. Kekuatan ekonomi sangat terbatas dan rendah.
3. Ketersediaan fasilitas juga terbatas, Sekolah Dasar (SD) biasanya tersedia. Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan ke atas tersedia di pusat pulau atau sering berada di pulau lain.
4. Fasilitas kesehatan terbatas. Biasanya tersedia Puskesmas, dimana staf medik tersedia terbatas, tanpa dokter permanen.
5. Transportasi laut berperan vital. Selain sebagai sarana mobilitas penduduk, staf pemerintahaan dan militer, staf medis dan tenaga pendidik, juga berperan sebagai alat angkut bahan bakar minyak, kebutuhan dasar dan kebutuhan tersier.

Bagi ilmu transportasi dan sistem informasi, apa arti Digital Island?
Digital Island merupakan sebuah terobosan. Transportasi berhubungan bolak-balik dengan kegiatan ekonomi dan perdagangan. Dengan kata lain: (a) transportasi mendorong ekonomi, namun dalam kondisi yang lain peran bisa berbalik, yaitu (b) kegiatan ekonomi menodorong kegiatan transportasi.

Gagasan ekonomi berbagi/ sharing economy belakangan ini menemukan penerapannya dengan dukungan teknologi informasi, sebagai contoh wwww.nebeng.com atau www.uber.com.

Informasi dapat melakukan intervensi kepada fungsi transportasi dan sekaligus kepada ekonomi, perdagangan dan pengguna jasa transportasi. Pendekatan ini, sebagai hipotesis, dapat berperan efektof untuk mendukung peningkatan mobilitas dan kualitas layanan transportasi.

Digital Island adalah infrastruktur lunak. Infrastruktur lunak adalah peningkatan kapasitas, tingkat keselamatan dan mutu layanan transportasi melalui penataan elemen-elemen transport dengan cara yang lebih baik, untuk mencapai sasaran prioritas yang dituju. Dalam kategori infrastruktur lunak ini adalah: telematika transportasi, operasi 24/7, SDM efisien.

Sumber: http://telematika-transport-laut.blogspot.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar